Anti Copas

Selasa, 28 April 2015

Tari Jepin Tali Bui (Tari Tradisional Suku Melayu Pontianak - Kalimantan Barat)

TARI JEPIN TALI BUI
“Tari ini merupakan tari trasidional etnis Melayu Kalimantan Barat, berasal dari Kota Pontianak,  tepatnya di Kelurahan Batu Layang Kecamatan Pontianak Utara, hasil galian dan kreasi Juhermi Thahir. Ditarikan oleh mahasiswi parodi FKIP-UNTAN”



Sinopsis : TARI JEPIN TALI BUI di dalam sajiannya mengungkapkan tentang sifat atau prilaku manusia, digambarkan pada ikatan persaudaraan serta kearifan dan ketulusan meminta dan memberi maaf. Meminta dan memberi maaf atas segala khilaf dan kesalahan yang telah dilakukan atas ketidaksempurnaan manusia dalam menuju kesempurnaan,  sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
Tari Jepin Tali Bui mengisahkan 7 putri bersaudara kandung.  Si bungsu memiliki perilaku yang baik dan berbudi luhur, sehingga disayangi seluruh anak negeri (masyarakat), berbanding terbalik dengan 6 saudaranya yang lain.
Perasaan iri dan dengki tumbuh pada 6 saudaranya kepada si bungsu, sehingga mereka bersiasat untuk mencelakai adik bungsunya dengan mengajaknya bermain.
Si bungsu  tanpa rasa curiga menerima ajakan bermain saudaranya, sampai pada akhirnya dia tersadar bahwa saudara-saudaranya ingin mencelakainya dengan mengikat  (membui) seluruh tubuhnya.
Ibarat  air ditetak tidak akan putus, hubungan persaudaraan menyadarkan saudara-saudaranya akan perbuatan salah yang telah dilakukan. Bahwa manusia karena hubungan persaudaraan tentu tidak selamanya berlaku jahat, ada kesinambungan untuk selalu memaafkan karena sebenarnya manusia didunia adalah bersaudara. 

Sumber :

  • http://borneonusantaratime.com/2014/03/tari-jepin-tali-bui-kreasi-juhermi-thahir-yang-akan-dibawa-ke-prancis-tari-ini-merupakan-tari-trasidional-etnis-melayu-kalimantan-barat-berasal-dari-kota-pontianak-tepatnya-di-kelurahan-ba/

1 komentar:

Next Prev home