Anti Copas

Sabtu, 09 Mei 2015

Pipa (Alat Musik Tradisional Tiongkok - China)



Kilas Sejarah : Pipa (Hanzi: 琵琶; Pinyin: pípá, baca: bíbá) adalah alat musik tradisional di China. Pipa adalah alat musik petik yang badannya terbuat dari kayu dan telah dimainkan selama lebih dari 2000 tahun di China. Alat musik pipa ini telah ada pada zaman dinasti Qin (221 BC - 206 BC). Pipa pada awalnya memiliki bentuk yang lurus vertical pada bagian atas dan dilapisi oleh kulit pada bagian permukaannya, terdiri dari 4 senar dan mempunyai 12 nada standard.

Pipa modern yang sekarang dapat kita jumpai, mirip dengan instrument dari Persia atau Timur Tengah yaitu 'Barbat' dan diperkenalkan ke China pada masa dinasti Jin (265-420 A.D.)
Pada masa dinasti Tang (618-907 A.D.), Alat musik Pipa menjadi populer dalam mengisi acara kerajaan dan mengalami perubahan. Pipa dimainkan secara horizontal dengan empat sampai dengan lima senar sutra dan lima sampai 6 fret. Pipa mengalami perubahan dalam bentuknya, jumlah fret, begitu juga cara memainkan yang awalnya secara horizontal menjadi vertikal.



Pipa adalah alat musik petik tradisional China dengan sejarah yang telah berusia lebih dari 2000 tahun.  Suaranya yang jernih membuat Pipa menjadi alat musik petik yang memegang posisi penting dalam musik tradisional China.  Tehnik memainkan Pipa juga sangat bervariasi, Pipa dapat digunakan baik untuk Solo maupun sebagai instrument pengiring dalam suatu orkestra.
Pipa menggunakan 4 senar dan fret dari bambu yang berjumlah antara 19 sampai dengan 26 itu dilekatkan pada badan Pipa yang "gemuk", ditambah dengan 6 fret yang terbuat biasanya dari tanduk pada gagang Pipa. Senar yang digunakan ada 3 macam, dipilih sesuai dengan kebutuhan, yaitu: kawat baja yang dilapisi oleh perak, kawat baja yang dilapisi oleh nylon dan kawat baja yang dilapisi oleh benang sutra.

Selama ribuan tahun, pipa, atau kecapi Tiongkok, telah menjadi "raja" dari instrumen rakyat Tiongkok. Instrumen petik ini sering ditemukan di tangan gadis surgawi yang digambarkan dalam lukisan tradisional. Konstruksi pipa lebih jauh melambangkan kepercayaan Tiongkok kuno. ubuhnya, dengan ukuran tradisional Tiongkok, adalah tiga kaki lima inci, yang mewakili tiga kekuatan-langit, bumi, dan manusia, dan lima elemen logam, kayu, air, api, dan tanah. Sementara itu, empat senar mewakili empat musim. Teknik memainkannya cukup sulit-dipetik dengan diberdirikan tegak pada lutut-dan itu adalah salah satu instrumen Tiongkok yang paling ekspresif.


Sumber :

  • http://cic-jkt.blogspot.com/2009/09/pipa.html
  • http://shiro-pintar.blogspot.com/
  • https://id.shenyunperformingarts.org/learn/article/read/item/mB0myIdXaD4/pipa-kecapi-tiongkok.html

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Next Prev home