Anti Copas

Selasa, 28 April 2015

Jepin Tali Bintang (Tari Tradisional suku Melayu Pontianak - Kalimantan Barat)

TARI JEPIN TALI BINTANG

Disebut Jepin Tali Bintang,karena Jepin ini menggunakan tali yang dibentuk dan dibuat sedemikian rupa yang digantung di langit-langit dalam sebuah miniatur atau replika berbentuk Bintang.

Para penari akan menganyam atau mengepang Tali tersebut seiring dengan alunan tabuhan musik kemudian akan melepaskan anyaman atau kepangan tersebut hingga tali tersebut terurai kembali.

Jepin Tali Bintang sendiri merupakan tari berasal dari kerajaan Kubu yang hampir mengalami kepunahan. Tari ini mulai berkemabang di masa jayanya pada tahun 1930-1980 di Mempawah atau Kabupaten Pontianak oleh Pak Buyung yang kemudian di tahun 2010 dikembalikan dan dikembangkan oleh Prodi Seni Universitas Tanjungpura sebagai materi perkuliahan.



Sinopsis : TARI JEPIN TALI BINTANG mengisahkan rasa syukur dan gembira kepada Nabi Muhammad SAW dan atas Kebesaran Allah Yang Maha Esa yang memberikan rizki dan nikmat tiada terhitung layaknya jutaan bintang yang tidak terhitung manusia.

Jepin Tali Bintang mengambarkan rasa kebersamaan, kekompakan sesama insan sehingga menjadi satu kesatuan yang tidak mudah terputus oleh suatu apapun.


Sumber :
  • http://www.artiirhamna.com/2013/11/jepin-tali-bintang.html

1 komentar:

Next home