Anti Copas

Rabu, 06 April 2016

Kledik / Korondek (Alat Musik Tradisional Suku Dayak - Kalimantan Barat)






Kledik adalah alat musik tradisional yang terdapat di daerah kebupaten Sintang. Alat musik ini terbuat dari bilah bambu yang merupakan alat musik tiup. Sebenarnya untuk memainkan alat musik ini tidak hanya ditiup, namun sekaligus dihisap dan ditiup. Oleh masyarakat rumpun Uut Danum alat ini juga disebut dengan nama Korondek. Alat musik ini dapat dimainkan dengan cara ditiup pada bagian lubang pada buah labu, buah labu sebagai sumber suara dibentuk sedemikian rupa, berbentuk melengkung dengan lubang yang telah dibentuk pula, kemudian disambnng dengan bambu yang jumlahnya sebanyak enam buah pula sebagai pengatur nada dengan menggunakan kedua jari pada tangan kiri dan kanan untuk mengatur tiupan dan nada.




Kledik ini peniupnya berwarna coklat tua sesuai dengan warna labu yang sudah tua, sedangkan warna bambu sebagai pengatur suara tetap kuning seperti warna bambunya, yang kekuning-kuningan. Ragam hiasnya tidak ada dan tetap berbentuk polos seperti bahan untuk membuatnya.
Kledik mempunyai makna yang sangat penting dalam upacara tradisional, misalnya setelah selesai panen padi. Alat musik ini biasanya digunakan sebagai pengiring teater tutur. Teater tutur ini disebut Beduha, Jandeh, Kana, Bejali. Pada pertemuan itu orang-orang sering berbalas pantun atau mengucapkan mantera-mantera dalam kepercayaan animisme. Walaupun demikian alat ini tidak terikat oleh upacara dan dapat digunakan kapan saja untuk hiburan.

  • Sumber : http://dunia-kesenian.blogspot.com/2014/11/pengertian-alat-musik-kledi-Keledi-kaldei.html
  • https://www.youtube.com/watch?v=Vie8NbdUa-I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Next Prev home